KHASIAT PEPAYA


Tips Usir Jerawat dengan Baking Soda

November 11, 2008 By: Opie Category: Tips Obat Alternatif, Tips Sehari-hari

Cara jitu untuk menghilangkan jerawat, pertama-tama siapkan baking soda. Campur baking soda dengan air hingga membentuk adonan pasta. Cuci muka Anda dengan sabun pembersih dan air hangat, lalu keringkan dengan handuk.Selanjutnya usapkan pasta baking soda yang telah disiapkan secara merata di kulit wajah Anda. Diamkan selama 20 menit.Setelah 20 menit, basuh muka Anda dengan air hangat. Lalu keringkan dengan handuk. Gunakan masker tersebut 2-3 kali seminggu, dan dapatkan wajah bersih bebas jerawat. Selamat mencoba!

.:Amelia Ayu Kinanti:.

No Comments →

Tips Agar Bangun Tepat Waktu

November 11, 2008 By: Opie Category: Tips Sehari-hari

Caranya, sebelum tidur, pikirkan jam berapa anda ingin bangun. Dan pukul bantal anda sesuai dengan jam yang anda inginkan untuk bangun sambil mengucapkan keinginan tersebut.
contoh: jika anda ingin bangun jam 3 malam..pukul bantal 3x sebelum tidur sambil mengucapkan “bangunkan aku jam 3″
jika ingin bangun jam 7…pukul 7x dan seterusnya..
jika anda ingin bangun jam 3.30…pukul bantal 3x, kemudian pukul bantal setengah dari tangan anda mengayun (jangan sampai kena bantal)…kalau anda memukul bantal itu berarti satu kali..jika setengah berarti anda pukul setengah tetapi tidak mengenai bantal.

.:Jeep4×4:.

No Comments →

Tips: Hindari Kedelai Agar Hamil

November 10, 2008 By: Opie Category: Tips Khusus Wanita

Kedelai dan produk olahannya, seperti tempe, tahu, susu kedelai memiliki manfaat bagi kesehatan Anda. Selain bisa menjauhkan perempuan dari bahaya kanker payudara dan jantung. Kedelai semula dianggap manjur meningkatkan kesuburan. Kedelai mengandung senyawa genistein, yang ternyata berefek meredam aktivitas sel sperma yang tengah berenang menuju sel telur. Profesor Lynn Fraser, seorang pakar fertilitas dari King’s College London membantah khasiat kedelai yang berhubungan dengan reproduksi. Menurut Profesor Lynn, jika ingin segera hamil perempuan justru dianjurkan menghindari kedelai dan produk olahannya. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap manusia.
Secara praktis Profesor Lynn menyarankan agar perempuan yang ingin hamil tidak mengonsumsi kedelai selama masa subur. Hasil penelitian yang dipresentasikan pada konferensi fertilitas Eropa, European Society for Human Reproduction and Embryology dan telah dipublikasikan oleh newscientist.com beberapa waktu lalu ini mengungkapkan bahwa sekalipun hanya sedikit, genistein tetap berbahaya. Penelitian ini tidak menyarankan perempuan untuk berhenti mengonsumsi kedelai. Perempuan tidak akan langsung subur ketika ia berhenti mengkonsumsi kedelai. Namun setidaknya, mengurangi konsumsi kedelai bisa meningkatkan peluang hamil.

.:Menstruasi.Com:.

No Comments →

Manfaat Pete (Petai)

November 08, 2008 By: Opie Category: Manfaat Tanaman & Sayuran, Tips Obat Alternatif

Mungkin banyak diantara Anda tidak mengetahui bahwa pete mengandung 3 macam gula alami yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi kandungan ini mampu memberikan dorongan tenaga yang instan, namun cukup lama dan cukup besar efeknya. Riset membuktikan dua porsi pete mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit. Penelitian juga membuktikan bahwa pete tidak hanya memberikan energi, namun juga mampu mencegah bahkan mengatasi beberapa macam penyakit dan kondisi buruk. Ini membuat pete menjadi salah satu makanan penting dalam makanan keseharian kita.

- Anemia. Dengan kandungan zat besi yang tinggi, pete dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.
– Kemampuan otak. 200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah melalui ujian pada tahun ini karena memakan pete pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada.
– Obat mabuk. Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan “penyakit” mabuk adalah milkshake pete, yang dimaniskan dengan madu. Pete akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang jatuh, sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.
– Mual di pagi hari. Makan pete diantara jam makan akan menolong mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah.
– Untuk saraf. Pete mengandung vitamin V dalam jumlah besar, sehingga akan membantu menenangkan sistem saraf.
– Luka lambung. Pete digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena texturnya yang lembut dan halus. Buah ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus yang parah. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.
– Depresi. Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete. Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.
– Merokok. Pete dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, bersama dengan kalium dan magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.
– Stroke. Menurut riset dalam “The New England Journal of Medicine,” makan pete sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40%.
PMS (premenstrual syndrome). Jika mengalami PMS saat ‘tamu’ datang, Anda tidak perlu minum pil ini ataupun itu, cukup atasi dengan makan pete. Vitamin B6 yang dikandung pete mengatur kadar gula darah, yang dapat membantu mood.
– Tekanan darah tinggi.Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.
– Sembelit. Karena kandungan serat yang tinggi, maka pete akan mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan, membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus kembali ke laksativ.
– Kekenyangan.Pete memiliki efek antasid pada tubuh, sehingga bila dada Anda terasa panas akibat kebanyakan makan, cobalah makan pete untuk mengurangi sakitnya.
– Gigitan nyamuk.Sebelum Anda meraih krim gigitan nyamuk, coba untuk menggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.
– Kegemukan. Penelitian di Institute of Psychology Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik. Dengan melihat kepada 5.000 pasien di rumah sakit, peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang mejadi gemuk karena tekanan kerja yang tinggi.
– Mengatur suhu tubuh. Banyak budaya lain yang melihat pete sebagai buah ‘dingin’ yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. Di Belanda misalnya, ibu hamil akan makan pete untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.
Seasonal Affective Disorder (SAD) (penyakit emosional yang kacau)
Pete dapat membantu penderitas SAD kerena mengandung pendorong mood alami, tryptophan.
– Stres. Kalium adalah mineral penting, yang membantu untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress, kecepatan metabolisme kita akan meningkat, sehingga akan mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diseimbangkan lagi dengan bantuan makan petai yang tinggi kalium.
– Caplak.Mereka yang suka berpaling pada pengobatan alami akan berani bersumpah, jika anda ingin mematikan caplak, maka ambil sepotong pete, dan letakkan di caplak itu. Tetap pertahankan pete itu dengan menggunakan plester!

Pete adalah obat alami untuk berbagai macam penyakit. Jika anda membandingkannya dengan apel, pete memiliki protein 4 kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat Vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya. Pete juga kaya kalium dan merupakan buah dengan nilai makanan terbaik.

.:dirmanto.web.id:.

No Comments →

Tips dan Manfaat renang untuk Ibu Hamil

November 08, 2008 By: Opie Category: Tips Khusus Wanita

Berikut tips berenang bagi wanita hamil agar di setiap tiga bulan (trimester) sukses melewati masa kehamilan tanpa gangguan mual, perubahan mood dan jauh dari rasa pegal-pegal di bagian pinggul dan kaki.

Trimester pertama
Untuk keuntungan yang maksimal, kamu dapat berenang setiap hari sekitar 20 menit. Berenang di pagi hari, diperkirakan bisa mengatasi morning sickness (mual dan muntah yang biasa terjadi di trimester pertama).

Trimester kedua
Kamu tak perlu menurunkan frekuensi latihan renang sekalipun perut semakin membesar. Namun, sebaiknya tetap disesuaikan dengan kemampuan. Beristirahatlah bila kamu merasa lelah.

Trimester ketiga
Bila perut semakin besar dan gerakanmu mulai terasa terbatas, perhatikan juga keseimbangan tubuh. Jika khawatir berenang ketengah kolam, kamu bisa melakukan latihan di tepi kolam saja, sambil berpegangan pada bibir kolam.

.:pojokinfo.web.id:.

No Comments →

Manfaat Kencur

November 08, 2008 By: Opie Category: Manfaat Tanaman & Sayuran, Tips Obat Alternatif

Kencur merupakan tanaman rumput kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Tanaman ini tunbuh dan berkembang pada musim tertentu yaitu pada musim penghujan, juga dapat ditanam dalam pot atau di kebun yang cukup sinar matahari dan tidak terlalu basah.
Siapa yang tidak mengenal tanaman yang bernama latin Kaempferia galanga, Linn ini, aromanya yang khas dengan rasa yang pahit bila dikonsumsi mentah-mentah menjadikan tanaman ini kebanyakan dijadikan bumbu dasar yang dapat digunakan pada beberapa jenis masakan seperti nasi goreng dan lain-lain. Namun tahukah kamu bahwa kencur memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti radang lambung, radang anak telinga, influenza pada bayi, masuk angin, sakit kepala, batuk, menghilangkan darah kotor, diare, memperlancar haid, mata pegal, keseleo, dan kelelahan.
Kandungan kimia yang terdapat di dalam rimpang kencur adalah pati (4,14%), mineral (13,73%), dan minyak astiri (0,02%) berupa sineol, asam metal kanil dan penta dekaan, asam cinnamic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisic, alkaloid, dan gom. Berikut adalah cara pemanfaatan kencur berdasarkan penyakit yang dapat diatasinya:

1. Influenza pada Bayi
Bahan: 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan dua lembar daun kemukus (lada berekor/cubeb). Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian ditambah beberapa sendok air hangat. Cara menggunakan: dioleskan/dibobokkan diseputar hidung.

2. Sakit Kepala
Bahan: 2-3 lembar daun kencur. Cara Membuat: daun kencur ditumbuk sampai halus. Cara menggunakannya: dioleskan (sebagai kompres/pilis) pada dahi.

3. Keseleo
Bahan: 1 potong rimpang kencur dan beras yang sudah direndam air. Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk halus dan diberi air secukupnya. Cara menggunakan: dioleskan/digosokkan pada bagian yang keseleo sebagai bedak.

4. Menghilangkan lelah
Bahan: 1 rimpang besar kencur, 2 sendok beras digoreng tanpa minyak (sangan) dan 1 biji cabai merah. Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum sekaligus dan diulangi sampai sembuh. Untuk pria dapat ditambah dengan 1 potong lengkuas dan tepung lada secukupnya.

5. Radang Lambung
Bahan: 2 rimpang kencur sebesar ibu jari. Cara membuat: kencur dikuliti sampai bersih dan dikunyah. Cara menggunakan: ditelan airnya, ampasnya dibuang, kemudian minum 1 gelas air putih, dan diulangi sampai sembuh.

6. Batuk
a. Bahan: 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Cara membuat: kencur diparut, kemudia ditambah 1 cangkir air hangat, diperas dan disaring. Cari menggunakan: diminum dengan ditambah garam secukupnya.
b. Bahan: 1 rimpang kencur sebesar ibu jari. Cara membuat: kencur dikuliti sampai bersih dan dikunyah. Cara menggunakan: airnya ditelan, ampasnya dibuang. Dilakukan setiap pagi secara rutin.

7. Memperlancar Haid
Bahan: 2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli, 1 biji buah cengkeh tua, adas pulawaras secukupnya. Cara membuat: kencur dicincang, kemudian dicampur dengan bahan lain dan direbus bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum sekali sehari 2 cangkir.

8. Radang Anak Telinga
Bahan: 2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan setengah biji buah pala. Cara Membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk halus dan diberi 2 sendok hangat. Cara menggunakan: dioleskan/dibobokkan di seputar hidung.

9. Menghilangkan darah kotor
Bahan: 4 rimpang kencur sebesar ibu jari, 2 lembar daun trengguli, 2 biji cengkeh kering, adas pulawaras secukupnya. Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari secara teratur.

10. Mata Pegal
Bahan: 1 potong rimpang kencur. Cara membuat: kencur dibelah menjadi 2 bagian. Cara menggunakan: permukaan yang masih basah dipakai untuk menggoasaok pelupuk mata.

11. Diare
a. Bahan: 2 rimpang kencur sebesar ibu jari. Cara membuat: kencur diparut, kemudian ditambah 1 cangkir air hangat, diperas dan disaring. Cara menggunakan: dioleskan pada perut sebagai bedak.
b. Bahan: 2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Cara membuat: kencur diparut, kemudian ditambah garam secukupnya. Cara menggunakan: dioleskan pada perut sebagai bedak.

12. Masuk Angin
Bahan: 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Cara membuatnya: kencur dikuliti bersih. Cara menggunakannya: kencur dimakandengan garam secukupnya, kemudian minum 1 gelas air putih. Dapat dilakukan 2 kali sekali.

.:Fauzi, Dodi A. 2008. Manfaat Tanaman Obat.Jakarta: EDSA Mahkota:.
.:punyadoni.blogspot.com:.

No Comments →

Manfaat Ubi Jalar

November 06, 2008 By: Opie Category: Manfaat Buah-buahan, Manfaat Tanaman & Sayuran, Tips Obat Alternatif

Dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit rabun ayam. Setengah kepal ubi jalar merah dicuci bersih dan diparut. Setelah itu, disampur dengan 3 sendok makan air masak dan 2 sendok makan madu. Kemudian diperas dan disaring. Minumlah air ramuan yang sudah disaring tersebut 3X sehari sampai sembuh.
– Sebagai obat anti mabuk dalam perjalanan. Ambil ubi jalar secukupnya, cuci bersih dan makanlah sedikit demi sedikit selama dalam perjalanan.

No Comments →

Tips Agar Kulit Kering Tetap Lembab

November 05, 2008 By: Opie Category: Manfaat Buah-buahan, Tips Sehari-hari

Susu yang full cream dan buah-buahan, adalah makanan yang sangat baik untuk kulit kering. Susu yang dioleskan pada wajah dapat sebagai masker. Diamkan sampai terasa kulit tertarik/mengencang, lalu bersihkan dengan air hangat dan air es. Susu berkhasiat melunakkan kulit muka, terutama sebagai bleaching (memutihkan).
– buah apokat dan mangga juga memberi vitamin pada kulit muka yang sensitif dan kering. Buah apokat dilumatkan menjadi bubur dan bubur tersebut dioleskan tipis-tipis pada kulit wajah. hal ini sangat bagus untuk kulit kering agar lembab dan normal kembali. Setelah kering, cucilah dengan air hangat, kemudian gunakan sepotong es batu untuk dioleskan ke seluruh permukaan kulit. Demikian juga cara menggunakan buah mangga sebagai masker, sama seperti buah apokat.

No Comments →

Tips Mengatasi Sakit Maag

November 05, 2008 By: Opie Category: Manfaat Tanaman & Sayuran, Tips Obat Alternatif, Tips Sehari-hari

Ambil 10 pucuk bunga cempaka putih yang masih kuncup dan belum mekar. Setelah dicuci bersih lalu direbus sampai mendidih dengan air sebanyak 1 gelas. Kemudian diamkan air rebusan tersebut semalaman di udara terbuka agar bercampur dengan embun. Esok paginya, minumlah air tersebut. Lakukan hal ini selama 1 bulan berturut-turut.

No Comments →

Tips Agar Buah Dada (payudara) Tetap Montok

November 05, 2008 By: Opie Category: Manfaat Buah-buahan, Manfaat Tanaman & Sayuran, Tips Khusus Wanita, Tips Obat Alternatif

Ambilah 2 pinang muda, buang sabutnya dan ambil dagingnya, kemudian ditumbuk sampai halus. Ambil 10 lembar daun lenjuhang (sejenis daun yang banyak ditemui di sekitar semak belukar) ditumbuk sampai halus, lalu campurkan daun lenjuhang dan daging pinang yang sudah ditumbuk halus tadi. Tambahkan satu sendok teh garam, remas dan aduk-aduk, lalu campurkan 1 gelas air putih. Selanjutnya aduk sampai rata, dan oleskan pada sekeliling buah dada (seperti memakai masker).
Diamkan hingga kering, kemudian cuci dengan air hangat. Pada waktu mengolesi sekeliling buah dada, jangan sampai mengenai puting. Lakukan hal ini 3 hari sekali dengan ramuan seperti tadi.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s