MATEMATIKA MESOPOTAMIA

Etimologi

Toponim daerah Mesopotamia (diperparah dari bahasa Yunani mesos [μέσος] ‘tengah’ dan potamos [ποταμός] ‘sungai’, yang biasanya diterjemahkan “Tanah antara Sungai”) diciptakan di Helenistik periode yang pasti tanpa batas, untuk mengacu ke luas geografis wilayah dan mungkin digunakan oleh Dinasti Seleukus. Istilah biritum / narim berhubungan birit ke konsep geografis yang sama dan diciptakan pada saat yang Aramaicization daerah, di abad ke-10 SM. Hal tersebut adalah diterima secara luas bahwa masyarakat Mesopotamia awal hanya merujuk kepada seluruh aluvium sebagai kalam di Sumeria (lit. “tanah”). Baru-baru ini istilah-istilah seperti “Greater Mesopotamia” atau “Siro-Mesopotamia” telah diterapkan untuk merujuk pada wilayah geografis yang lebih luas sesuai dengan atau Timur Dekat Timur Tengah. Kemudian eufemisme adalah Eurocentric istilah dikaitkan dengan kawasan di tengah-tengah berbagai abad ke-19 masuknya Barat.

Sejarah

Sejarah perkotaan Mesopotamia diawali dengan munculnya masyarakat perkotaan di Irak utara pada awal milenium 6 SM. Sebuah kesinambungan budaya dan homogenitas spasial untuk seluruh sejarah geografi ini ( “Tradisi Besar”) adalah populer diasumsikan, meskipun asumsi ini bermasalah. Mesopotamia menampung beberapa dunia yang paling kuno sangat maju negara dengan kompleksitas sosial. Daerah ini terkenal sebagai salah satu dari empat sungai peradaban di mana tulisan ini pertama kali ditemukan, bersama dengan Nil lembah di Mesir, di Lembah Indus di benua India dan Sungai Kuning lembah di Cina.

Mesopotamia bertempat historis kota-kota penting seperti Uruk, Nippur, Niniwe, dan Babel serta negara-negara teritorial utama seperti kota Ma-asesblu, Akkadia kerajaan, Dinasti Ketiga Ur, dan Asyur kekaisaran. Beberapa sejarah yang penting para pemimpin Mesopotamia Ur-Nammu (raja Ur), Sargon (yang mendirikan Kerajaan Akkadia), Hammurabi (yang mendirikan negara Babilonia Lama), dan Tiglath-Pileser I (yang mendirikan Kekaisaran Asyur).

“Ancient Mesopotamia” dimulai pada akhir milenium 6 SM, dan berakhir dengan baik bangkitnya Achaemenid Persia pada abad ke-6 SM atau penaklukan Islam Irak di abad ke-7 Masehi. This long period may be divided as follows: Jangka panjang ini dapat dibagi sebagai berikut:

Tren Mesopotamia Sejarah

Tanggal merupakan perkiraan untuk kedua dan milenium ketiga SM; membandingkan Kronologi Timur Dekat Kuno.

Geografi

Mesopotamia meliputi tanah antara sungai Eufrat dan Tigris, yang keduanya memiliki hulu di pegunungan Armenia di Turki modern. Kedua sungai diberi makan oleh banyak anak sungai, dan seluruh sistem sungai mengalir daerah pegunungan yang luas. Darat rute di Mesopotamia biasanya mengikuti Efrat karena bank Tigris sering curam dan sulit. Iklim daerah semi-kering dengan hamparan padang pasir terpencil di utara yang memberikan cara untuk 6.000 mil persegi daerah rawa-rawa, laguna, lumpur, dan buluh bank di selatan. Di ujung selatan, Eufrat dan Tigris bersatu dan bermuara di Teluk Persia.

Lingkungan yang kering berkisar dari daerah utara hujan makan pertanian, ke selatan di mana irigasi pertanian adalah penting jika surplus energi energi di diinvestasikan kembali (EROEI) akan diperoleh. Irigasi ini dibantu dengan tabel air yang tinggi dan salju meleleh dari puncak yang tinggi dari Pegunungan Zagros dan dari Armenia cordillera, sumber Sungai Tigris dan Efrat, yang memberi nama wilayah. Kegunaan irigasi tergantung pada kemampuan untuk memobilisasi tenaga kerja yang cukup untuk pembangunan dan pemeliharaan kanal, dan ini, dari periode awal, telah membantu pengembangan permukiman perkotaan dan sistem terpusat otoritas politik. Pertanian di seluruh wilayah telah dilengkapi oleh nomaden pastoralism, tempat tinggal nomaden tenda memindahkan kawanan domba dan kambing (dan kemudian unta) dari sungai padang rumput di musim panas yang kering, keluar ke tanah musiman merumput di padang pasir pinggiran di musim dingin yang basah . Daerah pada umumnya kurang dalam membangun batu, logam mulia, dan kayu, dan sebagainya secara historis diandalkan jarak jauh perdagangan produk pertanian untuk mengamankan barang-barang dari daerah-daerah terpencil. Dalam rawa di sebelah selatan negara itu, air yang kompleks yang bertalian dengan budaya nelayan telah ada sejak zaman prasejarah, dan telah ditambahkan ke campuran budaya.

Kerusakan periodik dalam sistem budaya telah terjadi karena beberapa alasan. Tuntutan untuk tenaga kerja telah dari waktu ke waktu menyebabkan peningkatan penduduk yang mendorong batas-batas daya dukung ekologi, dan seharusnya masa ketidakstabilan iklim terjadi, pemerintah pusat runtuh dan penurunan populasi dapat terjadi. Atau, kerentanan terhadap invasi militer dari bukit marjinal penggembala nomaden suku atau menyebabkan runtuhnya periode perdagangan dan mengabaikan sistem irigasi. Sama, kecenderungan sentripetal di antara negara-negara kota berarti bahwa otoritas pusat seluruh wilayah, bila dipaksakan, cenderung bersifat fana, dan lokalisme memiliki kekuatan terpecah menjadi suku atau daerah yang lebih kecil unit. kecenderungan ini terus berlanjut sampai sekarang di Irak.

Bahasa dan menulis

Tertulis paling awal yang dikenal bahasa di Mesopotamia adalah Sumeria, sebuah agglutinative bahasa isolat. Dialek Semit juga diucapkan pada awal Mesopotamia bersama-sama dengan Sumeria. Kemudian sebuah bahasa Semit, Akkadia, datang untuk menjadi bahasa dominan, meskipun Sumeria dipertahankan untuk administrasi, agama, sastra, dan ilmiah tujuan. Berbagai varietas akkadien digunakan sampai akhir periode Neo-Babel. Kemudian Aram, yang sudah menjadi umum di Mesopotamia, menjadi bahasa resmi pemerintah propinsi dari Akhemenid Kekaisaran Persia. Akkadia jatuh ke tidak digunakan, tetapi baik itu dan Sumeria masih digunakan dalam kuil selama beberapa abad.

Pada awal Mesopotamia (sekitar pertengahan milenium 4 SM) script runcing diciptakan. Cuneiform secara harfiah berarti “berbentuk baji”, karena segitiga ujung stylus digunakan untuk mencetak tanda-tanda pada tanah liat basah. Bentuk standar masing-masing tanda runcing tampaknya telah dikembangkan dari pictograms. Teks awal (7 kuno tablet) berasal dari e-anna super suci yang didedikasikan kepada dewi Inanna di Uruk, Tingkat III, dari sebuah bangunan dicap sebagai Kuil C oleh excavator.

Awal logographic sistem skrip runcing mengambil bertahun-tahun untuk menguasai. Jadi hanya sejumlah orang yang dipekerjakan sebagai ahli Taurat untuk dilatih dalam membaca dan menulis. Itu tidak sampai meluas penggunaan suku kata naskah itu diangkat di bawah pemerintahan Sargon. Bahwa porsi signifikan penduduk Mesopotamia menjadi melek. Arsip besar teks-teks itu pulih dari konteks arkeologi Old Babel juru tulis sekolah, yang melaluinya keaksaraan itu disebarluaskan.

Sastra dan mitologi

Dalam Babel kali ada perpustakaan di banyak kota dan kuil-kuil; tua sumeria pepatah menegaskan bahwa dia yang akan unggul dalam sekolah ahli-ahli Taurat harus bangkit bersama fajar. Perempuan maupun laki-laki belajar membaca dan menulis, dan untuk Semit Babel, pengetahuan yang terlibat ini telah punah bahasa Sumeria, dan suku kata rumit dan luas.

Sebuah cukup banyak literatur Babel Sumeria diterjemahkan dari aslinya, dan bahasa agama dan hukum lama tetap agglutinative lama bahasa Sumeria. Kosa kata, tata bahasa, dan terjemahan interlinear telah dikompilasi untuk penggunaan siswa, serta komentar-komentar di teks-teks yang lebih tua dan penjelasan kata-kata yang tak jelas dan frasa. Karakter suku kata dari semua diatur dan bernama, dan rumit daftar mereka disusun.

Ada banyak Babel judul karya sastra yang telah turun kepada kita. Salah satu yang paling terkenal ini adalah Epos Gilgames, dalam dua belas buku, yang diterjemahkan dari Sumeria asli oleh tertentu-liqe Sin-unninni, dan disusun atas prinsip astronomi. Masing-masing divisi berisi cerita tentang petualangan tunggal dalam karier Gilgames. Seluruh cerita adalah produk komposit, dan adalah mungkin bahwa beberapa cerita secara artifisial melekat pada tokoh sentral.

Filsafat

Asal-usul filsafat dapat ditelusuri kembali ke Mesopotamia awal kebijaksanaan, yang terkandung filsafat hidup tertentu, khususnya etika, dalam bentuk dialektika, dialog, puisi epik, cerita rakyat, himne, lirik, prosa, dan peribahasa. Babel penalaran dan rasionalitas yang dikembangkan di luar empiris pengamatan.

Bentuk awal logika dikembangkan oleh Babel, terutama dalam ketat nonergodic sifat dari sistem sosial. Babel pikir itu aksiomatik dan sebanding dengan “logika biasa” yang digambarkan oleh John Maynard Keynes. Babel pikir juga didasarkan pada sistem terbuka ontologi yang kompatibel dengan ergodic aksioma. Logika bekerja sampai batas tertentu di Babel astronomi dan kedokteran.

Babel pikir memiliki pengaruh yang besar pada awal filsafat Yunani dan filsafat Helenistik. The Phoenician philosopher Thales had also studied in Babylonia. Secara khusus, teks Babel Dialog Pesimisme mengandung kemiripan dengan agonistic memikirkan sofis, yang Heraclitean doktrin kontras, dan dialektika dan dialog dari Plato, serta sebagai pendahulu kepada maieutic metode Socrates dari Socrates. filsuf Thales juga belajar di Babel.

Ilmu pengetahuan dan teknologi

A.   Astronomi

Babel astronom itu sangat tertarik untuk mempelajari bintang-bintang dan langit, dan sebagian besar sudah dapat memprediksi gerhana dan solstices. Orang berpikir bahwa segala sesuatu memiliki tujuan dalam astronomi. Sebagian besar berkaitan dengan agama dan pertanda. Mesopotamia astronom bekerja keluar selama 12 bulan kalender berdasarkan siklus bulan. Mereka membagi tahun menjadi dua musim: musim panas dan musim dingin.  Asal usul astronomi maupun astrologi tanggal dari waktu ini.

Selama abad ke-8 dan ke-7 SM, Babilonia astronom mengembangkan pendekatan baru untuk astronomi. Mereka mulai belajar filsafat berurusan dengan sifat ideal awal alam semesta dan mulai menggunakan internal logika di dalam sistem planet prediksi mereka. Ini merupakan kontribusi penting bagi astronomi dan filsafat ilmu dan beberapa sarjana dengan demikian disebut pendekatan baru ini sebagai revolusi ilmiah pertama. Pendekatan baru ini untuk astronomi diadopsi dan dikembangkan lebih lanjut dalam bahasa Yunani dan Helenistik astronomi.

Dalam Seleukus dan Parthia kali, laporan astronomi dari karakter yang benar-benar ilmiah, bagaimana mereka lebih awal pengetahuan dan metode canggih dikembangkan tidak pasti. Pengembangan Babel metode untuk memprediksi pergerakan planet dianggap sebagai sebuah episode besar dalam sejarah astronomi.

Satu-satunya ahli astronomi Babel diketahui telah mendukung heliosentris model gerak planet adalah Seleukus dari Seleukia (l. 190 SM). Seleukus diketahui dari tulisan-tulisan Plutarch. . Ia mendukung teori heliosentris dimana bumi berputar mengelilingi porosnya sendiri yang pada gilirannya berputar mengelilingi Matahari. Menurut Plutarch, bahkan Seleukus membuktikan sistem heliosentris, tetapi tidak tahu apa argumen yang dia gunakan.

Babel astronomi adalah dasar bagi banyak dari apa yang telah dilakukan dalam bahasa Yunani dan Helenistik astronomi, dalam bahasa astronomi India, di Sassania, Bizantium dan Suriah astronomi, pada abad pertengahan astronomi Islam, dan di Asia Tengah dan Eropa Barat astronomi. [19]

B. Matematika

Mesopotamia menggunakan sexagesimal (basis 60) sistem bilangan. Ini adalah sumber saat ini 60-menit jam dan 24-jam sehari, serta 360 derajat lingkaran. Kalender Sumeria juga diukur minggu tujuh hari masing-masing. Pengetahuan matematika ini digunakan dalam pembuatan peta.

Babel mungkin telah terbiasa dengan aturan umum untuk mengukur daerah. Mereka mengukur keliling lingkaran tiga kali diameter dan kawasan sebagai satu-dua belas kuadrat dari lingkar, yang akan benar jika diperkirakan sebagai 3. Volume silinder diambil sebagai produk dari basis dan ketinggian Namun, volume frustum sebuah kerucut atau piramida adalah salah persegi diambil sebagai produk dari ketinggian dan setengah jumlah dari basa. Juga, ada penemuan baru-baru ini di mana  tablet digunakan sebagai 3 dan 1 / 8 (3,125 untuk 3,14159 ~). Orang Babel juga dikenal karena Babel mil, yang merupakan ukuran jarak yang sama dengan sekitar tujuh mil (11 km) hari ini.  Pengukuran ini untuk jarak akhirnya adalah dikonversi ke waktu-mil digunakan untuk mengukur perjalanan Matahari, oleh karena itu, mewakili waktu.

C. Obat

Babel tertua teks pada obat tanggal kembali ke Old Babel periode dalam paruh pertama milenium 2 SM. Babel yang paling luas teks medis, bagaimanapun, adalah Buku Panduan Diagnostik ditulis oleh dokter Esagil-kin-APLI dari Borsippa, pada masa pemerintahan raja Babel adad-apla-Baladan (1069-1046 SM).

Seiring dengan kontemporer kedokteran Mesir kuno, Babel memperkenalkan konsep diagnosis, prognosis, pemeriksaan fisik, dan resep. Selain itu, Buku Pegangan Diagnostik memperkenalkan metode terapi dan etiologi dan penggunaan empirisme, logika dan rasionalitas dalam diagnosis, prognosis dan terapi.  Teks berisi daftar medis gejala dan sering rinci empiris pengamatan bersama dengan aturan logika yang digunakan dalam menggabungkan diamati gejala pada tubuh seorang pasien dengan diagnosis dan prognosis. [23]

Gejala dan penyakit pasien diobati melalui cara terapi seperti perban, krim dan pil. Jika seorang pasien tidak bisa disembuhkan secara fisik, dokter Babel sering mengandalkan eksorsisme untuk membersihkan pasien dari segala kutukan. Esagil-kin-APLI’s Diagnostik Buku Panduan ini didasarkan pada logis set aksioma dan asumsi, termasuk pandangan modern bahwa melalui pemeriksaan dan pemeriksaan gejala pasien, adalah mungkin untuk menentukan pasien penyakit, etiologi dan masa depan dengan pembangunan, dan kemungkinan pemulihan pasien.

Esagil-kin-APLI menemukan berbagai penyakit dan penyakit dan menggambarkan gejala mereka dalam Diagnostik Handbook. Ini termasuk gejala untuk banyak jenis epilepsi dan terkait penyakit bersama dengan diagnosis dan prognosis.

D. Teknologi

Mesopotamia orang menciptakan banyak teknologi modern seperti logam dan tembaga-bekerja, kaca dan lampu membuat, tekstil tenun, pengendalian banjir, penyimpanan air, dan irigasi.

Mereka juga salah satu yang pertama usia Perunggu orang di dunia. Awal mereka menggunakan tembaga, perunggu dan emas, dan kemudian mereka menggunakan besi. Istana dihiasi dengan ratusan kilogram logam yang sangat mahal ini. Selain itu, tembaga, perunggu, dan besi yang digunakan untuk perisai serta senjata yang berbeda, seperti pedang, belati, tombak, dan Maces.

Jenis yang paling awal adalah pompa sekrup Archimedes, pertama kali digunakan oleh Sanherib, raja Asyur, untuk sistem air di Taman Gantung Babilonia dan Niniwe di abad ke-7 SM, dan kemudian dijelaskan secara lebih rinci oleh Archimedes di abad ke-3 SM . [25] Kemudian selama Parthia atau Sassania periode, di Baghdad Baterai, yang mungkin telah baterai pertama, diciptakan di Mesopotamia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s